PENJELAJAHAN SAMUDRA OLEH BANGSA EROPA

Portugis dan Spanyol, Inggris, Belanda, Perancis, Denmark menjadi negara-negara yang memelopori penjelajahan samudra. untuk menghindari persaingan antara Portugis dan Spanyol pada 7 Juni 1494 lahirlah perjanjian tordesillas, yakni paus membagi daerah kekuasaan di dunia non Kristiani menjadi dua bagian dengan batas garis demarkasi sebelah timur adalah jalur kekuasaan Portugis sedangkan daerah sebelah barat adalah jalur Spanyol.

  • Portugis

Portugis menjadi pelopor berlayar mencari tempat asal rempah-rempah hal ini tidak lepas dari kiat pangeran Henry Mualim. Yang memberi hak istimewa kepada keluarga-keluarga saudagar tujuannya supaya mereka bersedia tinggal dan Berdagang di ibukota Portugis.

Tokoh penjelajah bangsa Portugis :

  1. Bartholomeus Diaz

Bartholomeus Diaz berangkat dari Lisbon pada Agustus 1487. Bartholomeus Diaz memberikan nama ujung Selatan benua Afrika dengan nama tanjung badai, nama tersebut diganti oleh raja Portugis Joao II dengan nama Tanjung harapan (Cape of Good Hope) karna tempat tersebut memberikan harapan kepada Portugis untuk menemukan Hindia.

2. Vasco da Gama

Raja Portugis Manuel 1 pada 8 Juli 1497, memerintahkan Vasco da Gama mengikuti jejak Dias. Ekspedisinya melalui laut sepanjang pantai Afrika barat. Vasco da Gama tiba di calcuta India pada 22 Mei 1498 dan mendirikan pos perdagangan.

3. Alfonso d Albuquerque

Portugis mengirimkan ekspedisi ke Malaka yang dipimpin oleh Alfonso Albuquerque dan berhasil menduduki Malaka pada tahun 1511.

  • Spanyol

Tokoh penjelajah samudra dari Spanyol diantaranya:

  1. Christopher Columbus

Dengan menggunakan kapal yang bernama Santa Maria, Nina, dan pinta memulai pelayaran pada 3 Agustus 1492 untuk mencari sumber rempah-rempah di dunia timur. setelah 2 bulan mengarungi samudra Atlantik Columbus sampai di pulau guanahani yang terletak di kepulauan Karibia. Karena iya telah merasa sampai di wilayah Hindia Timur, ia menamai penduduk asli di kawasan itu sebagai Indian. Columbus berlayar 4 kali bersama amerigo vespucci antara 1492-1504 mereka menemukan benua baru yang diberi nama Amerika.

Baca Juga  Dominasi Sejarah Politik dan Ideologi Negara dalam Buku Teks Sejarah

2. Ferdinand Magellan

Magellan ditemani oleh kapten Juan Sebastian del Cano peserta penulis dari Italia yang bernama pigafetta berlayar ke arah barat pada tanggal 10 Agustus 1519. Rombongan Magellan tiba di kepulauan massava pada 1520, kepulauan ini kemudian diberi nama Filipina mengambil nama raja Spanyol yakni Phillips 2. Magellan gugur dalam suatu pertempuran melawan orang mactan akibat peristiwa ini rombongan bergegas meninggalkan Filipina dipimpin oleh Sebastian del Cano menuju kepulauan Maluku. Magellan dianggap menjadi orang pertama kali yang berhasil mengelilingi dunia.

  • Inggris

Penjelajah Inggris yang melakukan pelayaran ke dunia Timur diantaranya:

  1. Sir Francis Drake

Berlayar ke arah barat pada tahun 1577 dan rombongan ini memborong rempah-rempah di Ternate.

2. Pilgrim fathers

Berlayar ke arah barat pada tahun 1607 dengan menaiki kapal yang bernama May flower berhasil mendarat di Amerika Utara

3. Sir James lancester dan George Raymond

Berhasil mengadakan pelayaran sampai ke Aceh dan Penang pada tahun 1591 dan berhasil kembali ke Inggris pada tahun 1592. Lanchester dan maskapai perdagangan berhasil tiba di Aceh dan terus menuju ke Banten pada Juni 1602.

4. Sir Henry Middleton

Pada 1604 pelayaran kedua EIC yang dipimpin Sir Henry Middleton berhasil mencapai Ternate Tidore Ambon dan Banda.

5. William dampier

Dhampir berhasil mendarat di Australia pada 1688 dan melanjutkan pelayaran ke arah utara.

6. James Cook

Pada 1770 berhasil mendarat di pantai timur Australia dan menjelajahi pantai Australia secara menyeluruh pada 1771.

  • Belanda

Setelah para pedagang Belanda dilarang memasuki pusat perdagangan pasar Lisabon Portugis karena telah dikuasai oleh Spanyol. Belanda berusaha mencari jalan menuju daerah penghasil rempah-rempah untuk menyusul Portugis dan Spanyol. Dibawah ini beberapa tokoh penjelajah samudra dari Belanda

  1. Barentz
Baca Juga  Manusia dan Sejarah: Konsep Kausalitas dalam Sejarah

Pada 1594 berlayar melalui jalur Utara namun pelayaran ini terhambat karena menemukan air yang membeku di kutub Utara.

2. Cornelis de Houtman

Dengan 4 buah kapal pada tahun 1595, Houtman berhasil mendarat di Banten pada tahun 1596.

3. Abel Janszoon Tasman

Berlayar mencapai perairan di sebelah tenggara Australia pada 1642 ia menemukan sebuah pulau yang kemudian dikenal dengan nama pulau Tasmania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *