TIPS MENGATASI MEMORI PENUH PADA PERANGKAT ANDROID

Masalah memori penuh diakibatkan memori internal yang mencapai limit terakhir, jadi tidak ada sangkut pautnya dengan RAM dan Memori eksternal. Jadi seberapa besar sisa memori eksternal kalian tetapi jika memori internal sudah penuh, maka akan tetap mendapatkan notifikasi memori penuh. Jika notifikasi memori penuh muncul ada beberapa tips yang bisa anda lakukan diantaranya :

1. Membersihkan file cache dengan aplikasi pembersih memori. Aplikasi pembersih bawaan tersedia di pengaturan masing-masing Smartphone, semisal untuk HP Samsung terdapat pada menu pengaturan – Perawatan perangkat. Pada menu ini kalian bisa membersihkan cache yang menumpuk di bagian memori. Nah jika tidak ada pembersih bawaan, silahkan bersihkan cache aplikasi secara manual melalui pengaturan – aplikasi – pilih aplikasinya – penyimpanan – bersihkan cache. Usahakan jangan menginstal aplikasi pembersih dari pihak ketiga karena akan semakin menguras memori kalian.

2. Pindahkan file gambar dan video ke memori eksternal

3. Gunakan penyimpanan cloud Jasa penyedia penyimpanan cloud default android adalah Google Drive, dan kalian bisa menggunakannya untuk menyimpan file secara online. Penyimpanan cloud yang bisa digunakan lainnya adalah One Drive dari Microsoft dan Dropbox.

4. Install aplikasi seperlunya Bagi pengguna smartphone dengan memori internal 8 GB jangan terlalu banyak meng-install aplikasi yang sekiranya tidak berguna karena semakin banyak aplikasi akan semakin menguras memori internal kalian.

5. Pindahkan aplikasi ke memori eksternal Bagi beberapa perangkat Android telah mendukung untuk menyimpan dan menginstal aplikasi di Memori eksternal, namun biasanya akan berpengaruh pada performa smartphone kalian dan opsi ini tidak muncul di setiap perangkat kalian.

6. Tips yang terakhir adalah LEMBIRU Trik ini adalah trik yang paling ampuh untuk mengatasi persoalan memori penuh, yakni dengan membeli perangkat baru yang memiliki memori besar, disarankan cari yang memiliki memori internal minimal 32 Gb.

Baca Juga  Cara Mengimport Kontak dari Excel ke akun Google

Semakin berkembangnya dunia teknologi menyebabkan keperluan akan memori penyimpanan semakin besar, oleh sebab itu keluaran smartphone terbaru pada masa sekarang selalu menawarkan memori internal yang besar. Semoga sobat pembaca semua yang memiliki memori kecil bisa secepatnya untuk membeli smartphone baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.