Tentang Kami

Kosmologi Sunda kuno membagi jagat raya ke dalam tiga alam, yaitu buana sangkala (dunia nyata, alam dunia), buana niskala (dunia gaib, alam gaib), dan buana jatiniskala (dunia atau alam kemahagaiban sejati). Buana sangkala adalah alam nyata di dunia tempat kehidupan makhluk yang memiliki jasmani (raga) dan rohani (jiwa). Makhluk demikian adalah yang disebut manusia, hewan, tumbuhan, dan benda lain yang dapat dilihat baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak.

Buana Sangkala menyediakan tempat untuk hidup dan menghidupi, menyediakan tempat untuk saling membagi kasih, pengetahuan dan juga perlindungan, suatu harmoni yang saling melengkapi. Mencita-citakan dunia literasi yang demikian, kami menamai diri Sengkala Buana yaitu alternatif dari kosmologi Sunda Buana Sangkala yang berarti alam nyata.

Sengkala menerjemahkan visi mencatat itu sebagai keharusan menyajikan tulisan-tulisan untuk memlihara dan melestarikan setiap peristiwa dalam setiap langkah hidup manusia, melestarikan dengan penuh kecerdasan, memiliki konteks, mendalam, investigatif, faktual, didukung banyak referensi, serta dapat dipertanggungjawabkan.

Selain memanfaatkan sumber dalam bentuk foto, kutipan, rekaman peristiwa, serta data statistik yang ditampilkan baik secara langsung maupun lewat infografik dan video infografik, artikrl-artikel Sengkala dilengkapi pula dengan hasil analisis ratusan literature yang ada.